BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Perpustakaan merupakan faktor penting di dalam penunjang
transformasi antara koleksi buku dengan pengunjung. Perpustakaan juga sering
disebut jantung dari sekolah dimana di dalamnya terdapat kumpulan koleksi,
majalah, koran yang disusun berdasarkan sistem tertentu yang digunakan sebagai
media dalam mencari ilmu dan wawasan bagi masyarakat khususnya para siswa dan guru
di SMP Negeri 1
Kandis. Hal
ini disebabkan peranan perpustakaan sangat penting dalam usaha dan upaya
menunjang civitas akademik yang ada pada SMP Negeri 1 Kandis.
Perkembangan yang sangat pesat dalam sistem informasi
terhadap kemajuan organisasi sudah menjadi kebutuhan utama. Dengan dukungan
sistem informasi yang baik dan teratur maka sebuah lembaga pendidikan akan
memiliki berbagai keunggulan kompetitif sehingga mampu bersaing dengan lembaga
pendidikan yang lain. Penggunaan teknologi informasi dalam lingkup perpustakaan
pada SMP Negeri
1 Kandis tidak
hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga
menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem, sehingga proses
transaksi yang terjadi akan menjadi efektif dan efisien. Teknologi Informasi
juga dapat mendukung ketersediaan informasi sebagai upaya menciptakan berbagai
kemudahan - kemudahan dalam melakukan semua transaksi yang ada pada
perpustakaan, misal proses pendaftaran
anggota baru, peminjaman koleksi, pengembalian koleksi, stok koleksi dan
pencarian koleksi berdasarkan rak pada perpustakaan.
Penerapan sistem basis data di
perpustakaan SMP
Negeri 1 Kandis yang
masih manual yang semua proses transaksinya
ditulis pada kertas. Cara seperti itu dianggap kurang dalam hasil
pelaporan, informasi yang kurang akurat dan akan memicu kesalahan yang sering
terjadi yaitu disebabkan oleh kesalahan manusia (human error).
B.
Perumusan Masalah
Sesuai dengan judul
makalah ini “ Pemanfaatan Media
Teknologi Yang Di Gunakan Dalam Perpustakaan”, maka kami kelompok II akan menerangkan hal
yang dulakukan perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis dalam menrapkannya.
Maka masalahnya dapat di
defenenisikansebagai berikut:
- Bagaimana peran media teknologi di perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah.
- Bagaimana cara perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis menjalankan aktivitasnya tanpa menggunakan media teknologi.
C.
Tujuan
Untuk mengetahui
bagaimana pemanfaatan media teknologi yang digunakan oleh perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Peranan
Perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis
Perpustakaan SMP Negeri 1
Kandis mempunyai peranan dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan
bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya
adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler,
ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula dapat membantu
menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi
belajar mengajar siswa/siswi untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Untuk
tujuan tersebut, maka perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis perlu merealisasikan
misi dan kebijakannya dalam memajukan siswa/siswinya di sekolah. Yaitu dengan
mempersiapkan tenaga pustakawan yang memadai, koleksi buku yang berkualitas
serta serangkaian aktifitas layanan yang mendukung suasana pembelajaran yang
menarik.
Dengan memaksimalkan
perannnya, diharapkan perpustakaan SMP N 1 Kandis bisa menciptakan siswa/i
untuk senantiasa terbiasa dengan aktifitas membaca, memahami pelajaran,
mengerti maksud dari sebuah informasi dan ilmu pengetahuan, serta menghasilkan
karya bermutu. Sehingga pada akhirnya prestasi pun relatif mudah untuk diraih. Dan
alhamdulilah itu telah terbukti dengan berbagai kemenangan dan keberhasilan
siswa/i SMP N 1 Kandis dalam mengikuti berbagia perlombaan baik dalam tingkat
kecamatan, kabupaten, maupun propinsi.
Dalam membantu siswa/i untuk
menghasilkan karya yang bermutu, perpustakaan SMP N 1 Kandis tidak bisa bekerja
sendiri. Dukungan sekolah, terutama melalui kebijakan pimpinan (kepala
sekolah), guru dan siswa/i nya akan memperlancar tugas/kebijakan yang akan
dijalankan oleh pengelola perpustakaan sekolah.
B. Pemanfaatan Media Teknologi Perpustakaan SMP
Negeri 1 Kandis
sejak tahun 2006 Perpustakaan
SMP Negeri 1 Kandis sudah menggunakan peralatan elektronik, yaitu dengan penggunaan computer, cd, flashdisk, kipas
angin, dan printer, namun karena pada waktu itu listrik di area SMP Negeri 1
Kandis belum ada, dan hanya menggunakan mesin diesel, mengakibatkan peralatan
elektronik jadi cepat rusak. Akhirnya segala aktiftas di perpustakaan SMP
Negeri 1 Kandis beralih lagi ke sistem yang lebih manual yaitu semua proses transaksinya ditulis pada kertas. hal seperti ini
kurang efesien dalam menghasilkan laporan, informasi yang kurang akurat dan akan memicu
kesalahan yang sering terjadi yaitu disebabkan oleh kesalahan manusia.
Dan sampai sekarang, walaupun
listrik sudah masuk di area perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis tetapi Penerapan Sistem
Informasi Perpustakaan yang Terkomputerisasi belum bisa
dilaksakan dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia dan anggaran dana untuk
SMP Negeri 1 Kandis. Hanya saja segala data-data yang ada di dalam buku memang
sudah di arsipkan di leptop dan juga cd ataupun flashdisk.
C. Pelayanan Perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis
Pelayanan di perpustakaan
SMP Negeri 1 Kandis menggunakan sistem pelayanan terbuka. yaitu semua siswa
bebas meminjam buku yang mereka suka. Hanya saja ada buku-buku referensi yang
memang tidak dipinjamkan untuk dibawa pulang. Melainkan siswa-siswi hanya
diperbolehkan membaca di perpustakaan saja. Cara peminjaman dilakukan dengan
menggunakan kartu anggota perpustakaan. Dan semua siswa SMP Negeri 1 Kandis
adalah anggota perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis.
D. Cara Perpustakan SMP Negeri 1 Kandis Menjalankan
Aktivitasnya Tanpa Menggunakan Media Teknologi
Perpustakaan SMP N 1 Kandis
tetap eksis menjalankan aktivitasnya tanpa menggunakan media teknologi. Memang diakui
kurang akurat dan efesien. Namun walaupun begitu kegiatan yang di jalankan akan
dibuat sedemikian menarik dengan berbagai kegiatan seperti sesi tanya jawab,
diskusi kelompok, belajar bersama dan lain sebagainya.
sirkulasi pelayanan
peminjaman dan pengembalian koleksi (koleksi pustaka yang boleh beredar atau
boleh dibawa pulang oleh anggota perpustakaan), terutama koleksi buku text melalui
petugas perpustakaan dengan menyertakan kartu anggota perpustakaan. Siswa-siswi
juga diwajibkan mengisi buku tamu jika mengunjungi perpustakaan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil
pemeriksaan data serta analisis data, terhadap jawaban dari wawancara yang
telah dilakukan kepada informan dapat disimpulkan bahwa:
- Penggunaan Media Teknologi Di Perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis Masih Belum Memadai.
- Pelaksanaan Dan Pelayanannya Masih Menggunakan Sistem sangat Manual.
- Perlu adanya kerjasama antar semua pihak terkait dalam pengelolaan perpustakaan.
B. Saran
Perpustakaan sebagai bagian
dari sarana dan proses pendidikan selain fungsi dan perannya dioptimalkan,
keadaan perpustakaan itu sendiri juga harus memadai bahkan ideal. Perpustakaan
sekolah yang ideal yang sesuai dengan tuntutan zaman saat ini.
Perkembangan iptek yang semakin
dinamis dan akseleratif di era globalisasi saat ini menuntut perpustakaan untuk
selalu berkembang menyesuaikan perkembangan IPTEK tersebut. Untuk mewujudkan
perpustakaan sekolah yang ideal di masa depan nanti.
DAFTAR PUSTAKA
Hasil kunjungan dan
wawancara kepada kepala perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis pada hari senin
tanggal 29 Oktober 2013
Suprapto, Pemeliharaan
Koleksi, Yogyakarta, 2003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar