Kamis, 06 Maret 2014

PEMANFAATAN MEDIA TEKBNOLOGI PADA PERPUSTAKAAN


BAB I
PENDAHULUAN


A.       Latar Belakang Masalah
Perpustakaan merupakan faktor penting di dalam penunjang transformasi antara koleksi buku dengan pengunjung. Perpustakaan juga sering disebut jantung dari sekolah dimana di dalamnya terdapat kumpulan koleksi, majalah, koran yang disusun berdasarkan sistem tertentu yang digunakan sebagai media dalam mencari ilmu dan wawasan bagi masyarakat khususnya para siswa dan guru di SMP Negeri 1 Kandis. Hal ini disebabkan peranan perpustakaan sangat penting dalam usaha dan upaya menunjang civitas akademik yang ada pada SMP Negeri 1 Kandis.
Perkembangan yang sangat pesat dalam sistem informasi terhadap kemajuan organisasi sudah menjadi kebutuhan utama. Dengan dukungan sistem informasi yang baik dan teratur maka sebuah lembaga pendidikan akan memiliki berbagai keunggulan kompetitif sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan yang lain. Penggunaan teknologi informasi dalam lingkup perpustakaan pada SMP Negeri 1 Kandis tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem, sehingga proses transaksi yang terjadi akan menjadi efektif dan efisien. Teknologi Informasi juga dapat mendukung ketersediaan informasi sebagai upaya menciptakan berbagai kemudahan - kemudahan dalam melakukan semua transaksi yang ada pada perpustakaan, misal  proses pendaftaran anggota baru, peminjaman koleksi, pengembalian koleksi, stok koleksi dan pencarian koleksi berdasarkan rak pada perpustakaan.
Penerapan sistem basis data di perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis yang masih manual yang semua proses transaksinya  ditulis pada kertas. Cara seperti itu dianggap kurang dalam hasil pelaporan, informasi yang kurang akurat dan akan memicu kesalahan yang sering terjadi yaitu disebabkan oleh kesalahan manusia (human error).

B.       Perumusan Masalah
Sesuai dengan judul makalah ini “ Pemanfaatan Media Teknologi Yang Di Gunakan Dalam Perpustakaan”,  maka kami kelompok II akan menerangkan hal yang dulakukan perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis dalam menrapkannya.
Maka masalahnya dapat di defenenisikansebagai berikut:
  1. Bagaimana peran media teknologi di perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah.
  2. Bagaimana cara perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis menjalankan aktivitasnya tanpa menggunakan media teknologi.

C.       Tujuan
Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media teknologi yang digunakan oleh perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis.





BAB II
PEMBAHASAN

A.     Peranan Perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis
Perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis mempunyai peranan dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar siswa/siswi untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Untuk tujuan tersebut, maka perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis perlu merealisasikan misi dan kebijakannya dalam memajukan siswa/siswinya di sekolah. Yaitu dengan mempersiapkan tenaga pustakawan yang memadai, koleksi buku yang berkualitas serta serangkaian aktifitas layanan yang mendukung suasana pembelajaran yang menarik.

Dengan memaksimalkan perannnya, diharapkan perpustakaan SMP N 1 Kandis bisa menciptakan siswa/i untuk senantiasa terbiasa dengan aktifitas membaca, memahami pelajaran, mengerti maksud dari sebuah informasi dan ilmu pengetahuan, serta menghasilkan karya bermutu. Sehingga pada akhirnya prestasi pun relatif mudah untuk diraih. Dan alhamdulilah itu telah terbukti dengan berbagai kemenangan dan keberhasilan siswa/i SMP N 1 Kandis dalam mengikuti berbagia perlombaan baik dalam tingkat kecamatan,  kabupaten, maupun propinsi.

Dalam membantu siswa/i untuk menghasilkan karya yang bermutu, perpustakaan SMP N 1 Kandis tidak bisa bekerja sendiri. Dukungan sekolah, terutama melalui kebijakan pimpinan (kepala sekolah), guru dan siswa/i nya akan memperlancar tugas/kebijakan yang akan dijalankan oleh pengelola perpustakaan sekolah.

B.     Pemanfaatan Media Teknologi Perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis
sejak tahun 2006 Perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis sudah menggunakan peralatan elektronik, yaitu  dengan penggunaan computer, cd, flashdisk, kipas angin, dan printer, namun karena pada waktu itu listrik di area SMP Negeri 1 Kandis belum ada, dan hanya menggunakan mesin diesel, mengakibatkan peralatan elektronik jadi cepat rusak. Akhirnya segala aktiftas di perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis beralih lagi ke sistem yang lebih manual yaitu semua proses transaksinya  ditulis pada kertas. hal seperti ini kurang efesien dalam menghasilkan laporan, informasi yang kurang akurat dan akan memicu kesalahan yang sering terjadi yaitu disebabkan oleh kesalahan manusia.

Dan sampai sekarang, walaupun listrik sudah masuk di area perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis tetapi Penerapan Sistem Informasi Perpustakaan yang Terkomputerisasi  belum bisa dilaksakan dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia dan anggaran dana untuk SMP Negeri 1 Kandis. Hanya saja segala data-data yang ada di dalam buku memang sudah di arsipkan di leptop dan juga cd ataupun flashdisk.

C.     Pelayanan Perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis
Pelayanan di perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis menggunakan sistem pelayanan terbuka. yaitu semua siswa bebas meminjam buku yang mereka suka. Hanya saja ada buku-buku referensi yang memang tidak dipinjamkan untuk dibawa pulang. Melainkan siswa-siswi hanya diperbolehkan membaca di perpustakaan saja. Cara peminjaman dilakukan dengan menggunakan kartu anggota perpustakaan. Dan semua siswa SMP Negeri 1 Kandis adalah anggota perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis.

D.    Cara Perpustakan SMP Negeri 1 Kandis Menjalankan Aktivitasnya Tanpa Menggunakan Media Teknologi
Perpustakaan SMP N 1 Kandis tetap eksis menjalankan aktivitasnya tanpa menggunakan media teknologi. Memang diakui kurang akurat dan efesien. Namun walaupun begitu kegiatan yang di jalankan akan dibuat sedemikian menarik dengan berbagai kegiatan seperti sesi tanya jawab, diskusi kelompok, belajar bersama dan lain sebagainya.

sirkulasi pelayanan peminjaman dan pengembalian koleksi (koleksi pustaka yang boleh beredar atau boleh dibawa pulang oleh anggota perpustakaan), terutama koleksi buku text melalui petugas perpustakaan dengan menyertakan kartu anggota perpustakaan. Siswa-siswi juga diwajibkan mengisi buku tamu jika mengunjungi perpustakaan.




BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Berdasarkan hasil pemeriksaan data serta analisis data, terhadap jawaban dari wawancara yang telah dilakukan kepada informan dapat disimpulkan bahwa:
  1. Penggunaan Media Teknologi Di Perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis Masih Belum Memadai.
  2. Pelaksanaan Dan Pelayanannya Masih Menggunakan Sistem sangat Manual.
  3. Perlu adanya kerjasama antar semua pihak terkait dalam pengelolaan perpustakaan.

B.     Saran
Perpustakaan sebagai bagian dari sarana dan proses pendidikan selain fungsi dan perannya dioptimalkan, keadaan perpustakaan itu sendiri juga harus memadai bahkan ideal. Perpustakaan sekolah yang ideal yang sesuai dengan tuntutan zaman saat ini.
Perkembangan iptek yang semakin dinamis dan akseleratif di era globalisasi saat ini menuntut perpustakaan untuk selalu berkembang menyesuaikan perkembangan IPTEK tersebut. Untuk mewujudkan perpustakaan sekolah yang ideal di masa depan nanti.





DAFTAR PUSTAKA


Hasil kunjungan dan wawancara kepada kepala perpustakaan SMP Negeri 1 Kandis pada hari senin tanggal 29 Oktober 2013

Suprapto, Pemeliharaan Koleksi, Yogyakarta, 2003

Sumardji, Petrus, Mengelola Perpustakaan, Yogyakarta : Kanisius, 1978.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar